Medium Dua Dimensi Dapat Diartikan Sebagai

Medium Dua Dimensi Dapat Diartikan Sebagai

Pertanyaan 

apa yang dimaksud denagn jenis, medium, bahan, alat, teknik, objek, unsur unsur fisik, unsur unsur non fisik. dalam karya seni rupa ???

Jawaban

Jenis, medium, teknik, objek, bahan, alat, serta unsur fisik dan non fisik adalah aspek-aspek yang ditemui pada karya seni rupa. Berikut penjelasan masing-masing aspek tersebut.

JENIS, merujuk pada kelompok atau kategori suatu karya seni misalnya karya seni kriya anyam, karya seni lukisan dan lain sebagainya.

MEDIUM & BAHAN. Bahan merupakan material yang sifatnya habis pakai yang dipergunakan dalam mewujudkan suatu karya seni rupa. Adapun MEDIUM diartikan sebagai bahan utama dalam pembuatan karya seni. Medium merupakan sarana yang dijadikan tempat perwujudan suatu karya seni. Misalnya pada seni lukis, bahan utamanya adalah kanvas dan cat. Kanvas sebagai bahan utama disebut sebagai medium.

OBJEK, merupakan benda atau hal dan lain sebagainya yang dijadikan sebagai sasaran dalam pembuatan karya seni rupa.

ALAT, merupakan benda-benda tertentu yang dipergunakan dalam mewujudkan karya seni. Benda-benda ini merupakan perkakas yang dipergunakan dalam membentuk, mengambar, mencetak, menduplikasi, mewarnai dan lain sebagainya.

TEKNIK, merupakan keterampilan dalam menggunakan alat serta dalam mengolah bahan untuk mewujudkan karya seni rupa dengan cara-cara tertentu.

UNSUR FISIK, merupakan semua unsur pada karya seni yang bisa langsung dilihat (visual) atau pun diraba. Unsur fisik ini meliputi garis, raut, tekstur, ruang, gelap terang dan warna.

UNSUR NON-FISIK, merupakan semua unsur karya seni rupa yang tercipta dari kaidah atau pun aturan baku yang oleh seniman diyakini sebagai unsur yang membentuk sebuah karya menjadi indah. Unsur ini adalah komposisi dari karya seni rupa mencakup kesatuan, keseimbangan, serta irama.

👉 TRENDING  5 5 Juta Won Berapa Rupiah