Tari Kecak Berasal Dari Daerah

Tari Kecak Berasal Dari Daerah – Bukti Tari Kecak, Riwayat, Arti dan Tempat Pertunjukannya. Tari kecak ialah seni tari yang dari Bali. Seni tari kecak ini ditampilkan oleh beberapa puluh penari lelaki yang duduk berbaris dengan skema melingkar dan dengan irama tertentu mengatakan “cak, cak, cak” dan mengusung ke-2 lengan.

Dalam buku kreasi Resi Septiana Dewi yang dengan judul “Keberagaman Seni Tari Nusantara”, dalam menarikan tari kecak beberapa penari duduk melingkar dan kenakan kain ciri khas Bali yang memiliki motif kotak-kotak seperti papan catur yang ditempatkan di pinggang. Beberapa penari memainkan beberapa tokoh seperti Rama, Shinta, Rahwana sampai Hanoman.

Berikut sejumlah bukti mengenai tari kecak yang dari Bali:

Riwayat Tari Kecak Yang Berasal Dari Daerah Bali

tari kecak berasal dari daerah

Pada tahun 1930-an, seniman Bali namanya Wayan Limbak dan pelukis asal Jerman namanya Walter Spies membuat tarian kecak. Tarian ini di inspirasi dari ritus tradisionil yang sudah dilakukan warga Bali yang selanjutnya diadaptasi dalam narasi Ramayana dalam keyakinan Hindu untuk dipertontonkan sebagai perlihatkan seni saat wisatawan tiba ke Bali.

Tari kecak umumnya dilaksanakan oleh beberapa puluh lelaki bertelanjang dada dan kenakan kain kotak-kota di pinggang sampai atas dengkul.

Tari kecak pertama kalinya dipentaskan di sejumlah dusun saja satu diantaranya ialah Dusun Bona, Gianyar. Tetapi berkembang ke semua wilayah di Bali dan selalu didatangkan saat beberapa kegiatan seperti festival yang dikerjakan oleh pemerintahan atau swasta.

Jumlah Penari Kecak Yang Berasal Dari Daerah Bali

tari pendet dan tari kecak berasal dari daerah

Biasanya tari kecak dimainkan oleh 50 penari lelaki. Dari semua penari akan keluarkan suara “cak” hingga membuat musik secara akapela. Seseorang akan bertindak selaku pimpinan yang memberi suara awalnya, seorang kembali bertindak selaku penekan yang bekerja memberi penekanan suara tinggi atau rendah dan seorang kembali bertindak selaku dalang yang mengantar jalan cerita.

Pada tahun 1979, tari kecak pernah dilaksanakan oleh 500 penari. Tetapi rekor itu diperpecahkan oleh Pemerintahan Kabupaten Tabanan yang mengadakan kecak kolosal dengan 5.000 penari pada 29 September 2006.

Pergerakan dan Property Tari Kecak

berasal dari daerah manakah tari kecak

Gerak penari kecak tidak harus ikuti pakem-pakem tari yang disertai oleh gamelan. Hingga dalam tari kecak ini gerak badan penari lebih rileks dan yang lebih diprioritaskan ialah alur cerita dan kombinasi suara.

Tarian kecak disebutkan dengan ritus sanghyang. Dalam tarian ini ada banyak property yang kelihatan yakni baranya api, bunga kamboja, gelang kerincing, selendang putih hitam, kedok sampai tempat sesaji yang membuat tari kecak berkesan makin keramat dan mistik.

Tari Kecak Berasal Dari – Indonesia dikenali sebagai negara yang kaya keberagamannya dimulai dari bahasa, suku, sampai budaya.Tiap budaya di Indonesia mempunyai keunikannya sendiri dimulai dari upacara tradisi, tarian tradisionil, lagu wilayah, alat musik dan lain-lain yang tidak dapat kami disebut satu per-satu.Salah satunya kreasi seni dalam kelompok tarian tradisionil asal dari Indonesia adalah Tari Kecak. Selainnya tari saman, tari merak dan tarian yang lain, tari kecak sebagai salah satunya peninggalan budaya yang paling populer bahkan juga sampai sekarang ini.

Bahkan juga pagelarannya juga masih exist sampai saat ini, oleh karena itu kita masik dapat melihat tarian tradisionil ini di pentas-pentas yang diselenggarakan di wilayah aslinya.Tetapi tahukan kamu Tari kecak berasal dari daerah mana..?

Dalam artikel ini kita akan sama membahas materi yang cukup penting prihal tarian tradisionil yang ini.

Sebagai masyarakat negara yang cinta pada tanah air, pasti kita harus ikut dalam jaga kelestarian peninggalan budaya, walau cukup dengan ketahui sangkut-paut berkenaan kreasi seni itu.Karena itu, kami menuliskan secara terinci, singkat dan jelas dalam artikel ini. Untuk ketahui segalanya berkenaan tarian kecak ini silahkan baca penuturannya berikut ini.

Pengertian Tari Kecak Yang Berasal Dari Daerah Bali

pendet kecak dan legong adalah tarian daerah yang berasal dari

Tari Kecak ialah pergelaran seni dramatari yang dari Bali. Topik yang umumnya dihantarkan dalam dramatari ini biasanya bercerita berkenaan Ramayana dan dimainkan oleh lelaki.Dalam pementasannya, Tari Kecak ini akan dimainkan oleh beberapa penari lelaki yang biasanya sejumlah beberapa puluh atau lebih.Tarian ini dimainkan dengan tiap penari duduk berbaris melingkar dengan disertai irama tertentu yang keluar mulut penarinya.Suara seruannya kedengar “Cak ke-Cak ke-Cak” sambil mengusung ke-2 telapak lengan mereka, dalam masalah ini memvisualisasikan cerita Ramayana saat barisan kera menolong Rama untuk menantang Rahwana.

👉 TRENDING  Tari Saman Berasal dari Mana? Kenali Sejarah dan Maknanya

Dalam sejarahnya tercatat jika Tari Kecak ini datang dari ritus sanghyang, sanghyang sendiri sebagai sebuah adat tarian di mana penarinya akan ada pada suatu keadaan tidak sadar, berkomunikasi dengan dewa atau arwah beberapa nenek moyang mereka. Lantas sampaikan keinginan-harapannya ke warga.Untuk beberapa penari yang duduk melingkar umumnya kenakan properti tari berbentuk kain kotak-kotak seperti papan catur yang memutari pinggang beberapa penari itu.Selainnya beberapa penari yang sudah disebut sebelumnya, ada pula penari-penari yang lain memainkan figur dalam cerita Ramayana seperti Rahwana, Hanoman, Rama, Shinta, dan Sugriwa. Di lain sisi, lagu yang menemani tarian Kecak diambil dari ritus tarian sanghyang.

Yang unik dari tarian ini adalah tidak ada alat music dalam pementasannya. Yang dipakai sebagai pendamping cuma suara kincringan yang dikenai pada kaki penari yang memainkan beberapa tokoh Ramayana barusan. Tantunya ini jadi pembanding di antara tari kecak dengan seni tari dari wilayah yang lain.Seni tarian tradisionil yang dari Pulau Dewata (Bali) ini memliki ceritanya sendiri yang diawali dengan masuknya beberapa penari yang memainkan figur Rama dan Shinta yang ada di rimba Dandaka dalam cerita Ramayana.Selanjutnya cerita ini bersambung dengan dicurinya Shinta oleh Rahwana. Sesudah berlangsungnya penculikan itu selanjutnya Rhawana bertanding dengan Jatayu yang mana pada akhirannya Shinta ditolong oleh-oleh Hanoman.Lalu akhirnya cerita yang ada dalam seni Dramatari (Tari Kecak) ialah pertempuran yang sudah dilakukan di antara Rahwana dengan Rama.

Bersamaan dengan berjalannya cerita itu, beberapa penari selanjutnya akan membuat skema lingkaran sambil mengatakan suara “Cak ke-Cak ke-Cak” sebagai pendamping dengan irama yang disamakan pada situasi, dan background dari cerita yang berjalan itu.Sebagai deskripsi saja, berikut kami sertakan beberapa koleksi gambar tarian kecak yang diambil dalam pagelarannya.Dalam keterangan di atas, kita dapat mencuplik ringkasan jika Tari kecak datang dari bali. Asal mula kehadiran Wayan Limbak sebagai figur yang sudah membuat dalam Tari Kecak ini.Bahkan juga di tahun 1930, Limbak telah mempopulerkan Tari Kecak ini ke beragam luar negeri yang ditolong dengan seorang pelukis dari Jerman namanya “Walter Spies”. Asal awalnya pemakaian nama Kecak untuk Tari Kecak tersebut tidak lain dan tidak tidak dari beberapa penari lelaki yang menari sambil menyeruka kata ‘cak cak cak’ secara berganti-gantian dengan tempo yang cocok. Dari situlah pada akhirnya nama Kecak terbentuk.

Demikian info yang dapat kami kumpulkan dan bagi dalam posting ini, mudah-mudahan apa yang kami catat dapat secara mudah dimengerti dan bisa berguna untuk kita nantinya.

Adapun beberapa pertanyaan yang sering Ditanyakan Akan Kami Rangkum Sebagai Berikut :


Pertanyaan 1

1.apa keunikan dari tari kecak?
2.tari kecak berasal dari……
3.apa makna tari kecak
4.pola lantai tarian kecak?​

Jawaban

1. Tari kecak memiliki beberapa keunikan, diantaranya adalah : Menggunakan properti-properti yang unik seperti bara api, selendang putih, bunga kamboja, gelang kaki, topeng, dan tempat sesaji. Tari ini murni hanya menggunakan suara mulut dan mengeluarkan suara khas “cak cak cak”. Tari ini dipentaskan secara masal.

2. Tari Kecak berasal dari provinsi Bali yang namanya dipengaruhi oleh suara gemerincing ornamen yang dikenakan oleh para penari di pergelangan kakinya. Alunan musik yang mengiringi tarian ini berasal dari suara krincingan tersebut.

3. Makna dari tari kecak adalah menceritakan mengenai Ramayana yang penarinya berada pada kondisi tidak sadar dan berkomunikasi dengan roh para leluhur atau tuhan dan menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat dan biasanya dimainkan terutama oleh laki-laki.

4. Untuk pola lantai Tari Kecak sendiri adalah garis lengkung yang membentuk lingkaran.a Pola lantai Tari Kecak ini mencerminkan kekompakan, kebersamaan, dan kerukunan.

Screenshot Jawaban

jawaban tari kecak berasal dari daerah


Pertanyaan 2

Tari Kecak selain unik dari segi gerak juga unik dari segi pola lantai. Pola lantai yang digunakan pada Tari Kecak adalah…​

Jawaban

Tari kecak merupakan tarian khas daerah yang berasal dari Bali. Pola lantai yang di gunakan pada tari kecak adalah pola lantai garis melengkung yang membentuk lingkaran.

Pembahasan

Tari ini diperagakan oleh puluhan penari laki-laki yang bertelanjang dada dengan mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur yang melingkar di pinggang hingga lutut. Tari kecak ini sangat terkenal bahkan hingga manca negara. Tari ini memiliki keunikan tersendiri bahkan terdapat sisi mistis yang memiliki daya tarik untuk membuat penonton terpukau. Pola lantai yang digunakan dalam tari ini adalah pola garis melengkung yang membentuk lingkaran. Dalam pola lantai garis melengkung tidak hanya membentuk lingkaran ada juga pola yang membentuk garis lengkung dan garis yang berbentuk seperti angka delapan. Pola lantai di bagi menjadi 4 jenis diantaranya:

  1. Pola garis lurus, pola yang membentuk garis lurus kedepan ke belakang ataupun kesamping.
  2. Pola garis horizontal, pola yang membentuk garis lurus meyamping.
  3. Pola garis lengkung, pola yang membentuk garis lingkaran, melengkung atau membentuk angka delapan.
  4. Pola garis diagonal, pola yang membentuk garis menyudut kekiri atau kekanan

 

👉 TRENDING  Tari Piring Berasal Dari Daerah Penghasil Padi, Solok, Sumatera Barat

Screenshot Jawaban

tari kecak menggunakan pola lantai