Makna Dari Tari Piring ?? Simak Penjelasannya

Makna Dari Tari Piring – Seperti yang sudah kita tahu bahwa tari piring berasal dari Sumatera Barat ini memiliki keunikan tersendiri. Misalnya ketika penari harus mengenakan pakaian yang sangat indah dan pakaian tersebut terutama berwarna merah menyala dengan corak emas yang dapat dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu warna keberuntungan dan kekayaan. Sedangkan untuk musik yang digunakan untuk mengiringi tarian piring ini biasanya harus diawali dengan alat musik tradisional rebana dan gong.

Tetapi, seiring berjalannya perkembangan zaman alat musik yang dimainkan pada tarian piring ini harus semakin menarik. Mereka dapat menggunakan Salung atau alat musik yang terbuat dari bambu, gendang dan talempong yaitu alat musik pukul yang terbuat dari kuningan. Tari piring berasal dari daerah mana? Maka anda harus menjawabnya dari Minangkabau.

Makna Dari Tari Piring

Makna Gerakan Dari Tari Piring

Jika anda menemukan pertanyaan seputar tari piring berasal dari daerah mana? Minangkabau ini mempunyai tari tradisional yang unik dan biasa digerakkan oleh para wanita cantik yang memiliki pakaian menarik dan indah. Bagi masyarakat Minangkabau sendiri, tari piring ini sebagai salah satu bentuk kerja sama warga ketika berada di sawah. Bahkan, gerakan dari tarian piring ini sebenarnya juga meniru tata cara petani dalam bercocok tanam hingga menuai hasil yang melimpah.

Biasanya gerakan yang dibawakan ini berupa piring-piring yang di lempar ke udara, kemudian dihempaskan ke tanah lalu diinjak dengan kaki telanjang. Kesenian ini dapat dilakukan dengan cara berpasangan maupun dilakukan dengan berkelompok dan menggunakan gerakan yang beraneka ragam. Berikut beberapa Makna Dari Tari Piring dari persembahan tari piring.

Gerakan pasambahan, gerakan ini biasanya dilakukan di awal pementasan untuk memulai tarian piring tersebut dan umumnya dilakukan oleh penari pria. Gerakan pasambahan ini juga melambangkan bentuk rasa syukur kepada Tuhan dan sebagai bentuk permintaan para penari kepada penonton agar tidak mengganggu.

Gerak singanjuo lalai. Gerakan ini akan dibawakan oleh penari wanita yang memiliki ciri gerakan yang lemah lembut. Gerakan singanjuo lalai ini juga melambangkan suasana di pagi hari yang sejuk dan menyenangkan.

Gerakan mencangkul. Sesuai dengan namanya bahwa para penari dalam tarian piring ini juga dapat memeragakan gerakan yang seolah-olah mereka sedang mencangkul di sawah. Gerakan ini menggambarkan salah satu proses bercocok tanam, yaitu mencangkul.

Gerakan menyiang. Jika anda mengamati para petani yang berada di sawah, maka mereka akan melakukan salah satu gerakan yang disebut menyiang. Gerakan ini merupakan gerakan untuk membersihkan sawag dari rumput liar atau gulma.

👉 TRENDING  Sejarah Tari Piring Dan Gerakan Akrobatiknya

Gerakan menyemai. Jika ada yang bertanya tari piring berasal dari mana? Minangkabau memiliki Makna Dari Tari Piring dengan gerakan menyemai atau menebar benih padi yang biasanya dilakukan oleh para petani.