Tari Piring Berasal dari Suku Minangkabau Ini Sejarahnya

Tari Piring Berasal dari Suku Minangkabau – Di setiap daerah, pertunjukan kesenian tari memiliki daya tarik tersendiri, kesenian yang memadu padankan gerakan akrobatik para penarinya dengan alunan musik yang dapat membuat semua indera kita terpaku melihat dan mendengarnya, salah satu diantaranya adalah tari piring.

Asal Usul Tari Piring

Tari Piring Berasal dari Suku Minangkabau
Tari Piring Berasal dari Suku Minangkabau

 

Selain itu tari piring  tidak hanya digunakan untuk menyembah dewa, akan tetapi tari piring juga kerap digunakan sebagai tarian mengucapkan syukur atas limpahan panen yang mereka terima.

Masyarakat Minangkabau mengatakan jika tari piring pada zaman dahulu tidak hanya menggunakan piring kosong saja, namun tarian untuk mengucap syukur kepada Dewi Padi tersebut dahulunya menggunakan piring yang berisi berbagai macam hasil panen mereka.

Tradisi tersebut mulai berubah ketika Islam sudah masuk ke Sumatera barat. Tari piring yang berasal dari suku Minangkabau tersebut tidak lagi digunakan sebagai tarian untuk menyembah maupun mengucapkan syukur kepada dewa.

Tari piring mulai bergeser fungsinya sebagai tarian hiburan dalam upacara adat yang berlangsung di Minangkabau. Selain sebagai tarian hiburan dalam upacara adat, tari piring juga sering digunakan sebagai tarian dalam menyambut tamu kehormatan, biasanya tarian ini juga akan ditarikan bergantian dengan tarian dari daerah lain di Sumatera.

Tari Piring Berasal dari Suku Minangkabau Dan Perkembangannya

Perkembangan tari piring  ini mulai merambah di luar wilayah asli, namun sekarang tari piring juga mulai digiatkan oleh masyarakat Minangkabau yang berada di luar Sumatera Barat.

Masyarakat Minangkabau yang berada di perantauan sekarang ini sudah mulai mengenalkan budaya asli mereka di tempat yang mereka tinggali. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya asli Minangkabau agar tetap eksis dan diingat oleh generasi mendatang.

Oleh karena itu, pergeseran fungsi terus terjadi pada tari piring  ini, tidak hanya sebagai pelengkap upacara adat, namun sekarang tari piring juga mulai dikenalkan di sanggar tari di daerah luar Pulau Sumatera.

Tari piring mulai digunakan sebagai pertunjukan hiburan , dan, meskipun tari piring sekarang ini banyak ditarikan oleh masyarakat luar suku Minangkabau, akan tetapi hal tersebut tidak akan mengalihkan asal usul dari tari piring itu sendiri.

Tari piring tetap menjadi identitas dari suku Minangkabau yang berasal dari tanah Sumatera, dan hal tersebut tetap akan terus terjaga meskipun tidak jarang, orang luar negeri pun mulai ikut mempelajari budaya asli negara Indonesia kita tercinta ini.